Saturday, September 26, 2009

cita-cita nya apa dek?

Jujur, saya sering kagum sama orang yang punya pekerjaan laen dari pada yang laen.. Misalnya nih, astronot, arkeolog, dalang sampek pawang hewan! kok bisa yah, mereka "percaya" sama pekerjaan mereka?! lepas dari apakah emang mereka minat di situ, atau cuma sebatas tuntutan hidup, saya teteup salut.. * standing appllause*
Secara, waktu kita kecil, pertanyaan yang paling sering muncul adalah :

nenek/bapak/bibik/tetangga : cita-citanya apa?
anak-kecil-polos-umbelan : dokter...

kok bisaaaa?! in fact, banyak anak kecil yang takud sama dokter. Orang udah panas, sampek ga karu-karuan ajah, ada yang masi ga mau di bawa ke dokter...
terus jawaban dokter ini dari mana? emak bapaknya? ato dari susan? (susaan..sussaaann.. klo gede mo jadi apa? la la la~)

Menurut pendapat saya pribadi, masa kanak-kanak adalah masa dimana orang belum punya jati diri (iyalaah, orang makan ajah masi di suapin!).
Sooo.. bisa jadi karena ortu, bisa jadi karena susan. cita-cita dokter menjadi cita-cita ideal di masa depan, harapan bangsa dan juga negara.
Tahapan kedua adalah masa remaja, di masa ini orang tumbuh menjadi pemimpi, cita-cita yang ga masuk akal sekalipun bisa dibayangin! misalnya, jadi poto model, padahal ga proposional blasss! ato jd jurnalis, padahal nulis cerpen ajah blepotan..
However, when they turn into adult.. POP! kenyataan berbicara.. kita butuh duit! pekerjaan yang paling ceped ngasilin duit ya dokter, klo mau yang save ya bukak toko (baca: pengusaha). dan mind set kaya gini yang mereka bawa sampek ke anak-anak mereka..
That's the rules.. mereka membiarkan anak-anaknya tumbuh dengan pemikiran orang dewasa..

mnurut saya, orang dengan pekerjaan unik, adalah orang yang tak pernah kehilangan mimpi-mimpi mereka.

nb : gambar diambil dari www.CartoonStock.com.

No comments:

Post a Comment